Senin, 22 Maret 2010

e-business untuk APPLE



Perusahaan Apple memiliki e-business yang cukup baik dengan adanya kegiatan berbisnis yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa tetapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan pihak lain.

Perusahaan Apple ini menerapkan model e-commerce Business to Consumer (B2C) yang berhubungan langsung dengan konsumen akhir. Produk Apple yang sangat beraneka ragam membuat pengunjung selalu tertarik untuk mengunjungi website tersebut ditambah lagi website ini memiliki estetika yang elegan dan situs yang user-friendly serta menawarkan pengalaman yang lebih baik kepada konsumen yang menggunakannya untuk memeriksa produk terbaru Apple.

Metode Pembayaran

Pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan kredit card atau kartu debit, kartu Visa Pembiayaan Barclaycard, Apple Gift Card, dan Bill Me Later. Selain itu pembayaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan cek bank, wesel, atau transfer. Atau dapat menghubungi perwakilan Apple di 1-800-MY-APPLE untuk informasi lebih lanjut.

When will get the items

Delivers by adalah perkiraan kapan item yang sudah dibeli akan dikirimkan ke alamat pengirim. Ini termasuk pengolahan gudang, atau Ships by ditambah carrier waktu pengiriman. Setelah item dikeluarkan dari gudang, maka si pembeli akan menerima pemberitahuan pengiriman email.


Keuntungan yang didapat perusahaan Apple dalam kegiatan e-business ini adalah

  • Akses ke pasar global secara langsung
  • Pembayaran secara online melalui kartu kredit
  • Pengurangan biaya yang sangat berarti
  • Kesediaan penuh --> 24 jam perhari dan 7 hari perminggu

Sedangkan keuntungan yang didapat konsumen dalam kegiatan e-business Apple adalah

  • Berbelanja secara online tidak sesulit berbelanja langsung
  • Mudah dalam penggunaannya dan tidak memerlukan keahlian khusus (ex: tawar menawar harga)
  • Banyak pilihan yang didapat dengan mudah ditambah dengan kerahasiaan terjamin
  • Product-on-demand (apa yang diperlukan, akan didapatkan)

Kelemahan dari penggunaan e-business yang memungkinkan dapat merugikan perusahaan Apple

  • Pencurian informasi yang berharga sehingga informasi yang bersifat rahasia dapat tersingkap ke pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan yang bersifat non teknis
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak (pembobolan)
  • Kerugian yang tidak terduga yang disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik

references
✗♥✗♥ whatsoever

3 komentar:

  1. melihat content dari blog ini, isinya sangat bagus dan bermanfaat untuk mengenal tentang ecommerce.

    so overall bagus, hanya pada tampilan saja agak banyak gambar n backgroundnya, jadi agak lemot klo mu akses,.he...he....

    from http://5mhs.com

    BalasHapus
  2. hahaha ini namanya artistik san heheh

    BalasHapus