hey folks, do you know about e-commerce?
we'll write about e-commerce nd lil bit about e-business. let's begin :)
Electronic Commerce atau yang lebih dikenal dengan nama
e-commerce merupakan suatu cakupan luas mengenai teknologi, proses dan praktek yang dapat melakukan transaksi bisnis tanpa menggunakan kertas sebagai sarana mekanisme transaksi. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui e-mail, Electronic Data Interchange (EDI) atau World Wide Web.
Di dalam dunia modern ini, e-commerce telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan tata sosial dan ekonomi masyarakat dan menjadi bagian yang penting dari sektor bisnis maupun umum.
e-commerce is a dynamic set of technologies, applications, and business process that link enterprises, consumers and communities through electronic transactions and the electronic exchange of goods, services and information. (David Baum, "Business Links", Oracle Magazine, no. 3, Vol. XIII, May/June, 1999, pp. 36-44)
Secara singkat --> Semua yang termasuk teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Keuntungan e-commerce:
- Revenue stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan, yang tidak didapatkan pada sistem transaksi tradisional
- Dapat meningkatkan pangsa pasar (market exposure)
- Menurunkan biaya operasional (operating cost)
- Melebarkan jangkauan (global reach)
- Meningkatkan kesetiaan pelanggan (customer loyalty)
- Meningkatkan supplier management
- Memperpendek waktu produksi
- Meningkatkan rantai nilai pendapatan (value chain)
- Kehilangan segi finansial secara langsung
- Pencurian informasi rahasia yang berharga
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak
- Kehilangan kepercayaan daripada konsumen karena usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain untuk menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut
- Kerugian-kerugian yang tidak terduga seperti ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik
- Business to Business (B2B) --> Tranding partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama dan transaksi ini mempunyai banyak keuntungan seperti lebih cepat, lebih nyaman dan lebih efisien.
- Business to Consumer (B2C) --> E-commerce antara usaha dan konsumen secara langsung dan dengan semakin banyaknya pribadi yang terhubung pada internet maka pasar B2C semakin potensial.
- Consumer to Business (C2B) --> E-commerce antara individu dan perusahaan secara langsung dan dengan semakin banyaknya individu yang menawarkan produk dan jasa melalui internet maka pasar C2B semakin potensial.
- Consumer to Consumer (C2C) --> E-commerce antara individu dan individu secara langsung dan dengan semakin banyaknya individu yang terhubung pada internet maka pasar C2C semakin potensial.
E-business merupakan kegiatan berbisnis di internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi). Pada jaman sekarang ini, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web dan tentu saja memanfaatkan teknologi internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dan IBM.
enough for it fellas. happy learn then. adios ♥
references
- Adithya Herlambang's Blog
- Wikipedia for e-business
- AMTI - Antonius Rachmat C, S.Kom, M.Cs
ini blog ttg e-commerce yg keren! menarik bgt,g bosen deh bacanya.. congrats ya.. smg jejak kalian diikutin sm blog pendidikan lain :)
BalasHapus